Senin, 14 November 2016

Tips Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda


Tips Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda



Pagi Ibu-ibu sekalian kali ini admin akan share artikel tentang cara mengatasi mual saat hamil muda. Mungkin rasa mual saat hamil menjadi momok yang sangat menyiksa bagi ibu-ibu sekalian, namun hal ini merupakan hal yang sangat biasa dan wajar terjadi pada ibu-ibu sekalian yang sedang hamil. Karena Hormon ditubuh mengalami perubahan yang drastis sehingga memicu mual dan muntah-muntah, kadang-kadang ibu yang sedang hamil pun merasakan kehilangan nafsu makan karena rasa mual dan muntah yang intensitasnya sering.

Namun keadaan diatas tidak menjadi alasan buat ibu-ibu untuk tidak makan yah!!!...karena saat hamil tubuh kita membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang sangat baik agar janin berkembang dengan baik.kalau ibu-ibu tidak mau mengkonsumsi makanan bergizi maka hal itu dapat mempengaruhi keselamatan janin yang ada dikandungan ibu-ibu sekalian.

Sebelumnya baca juga tentang : Gejala Kesehatan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil 

Nah Berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan mual-mual yang muncul saat hamil muda yuk kita simak :

1. Berolah Raga Ringan

Olah raga ringan saat hamil dapat mengurangi rasa mual-mual dan muntah pada semester awal kehamilan. Sehingga kalau rajin berolahraga selain menghilangkan mual maka kondisi fisik ibu-ibu akan terjaga dan fit.

2. Hindari Pergerakan Spontan

Contohnya ketika bangun tidur jangan langsung spontan bangun dan berdiri sebaiknya tetap berbaring sebentardi tempat tidur untuk menghindari rasa pusing . dan juga berlaku saat sedang duduk, jangan langsung berdiri dan melakukan aktivitas lain.

3. Memakan Buah yang Dingin

Buah adalah makanan sehat untuk menjaga kondisi tubuhibu hamil agar tetap sehat. Beragam vitamin dan mineralnya dapat mendukung perkembangan janin lebih optimal. Simpanlah buah tersebut ke dalam lemari es agar dingin, Karena dengan keadaan dingin buah dapat mengurangi rasa mual.Akan tetapi perlu diperhatikan ada beberapa jenis buah yang dilarang saat hamil, seperti nanas, anggur, pepaya, dan durian. Buah-buah ini membahayakan keselamatan janin yang dapat meningkatkan risiko kelahiran bayi prematur.

Baca Tentang :  Tips Lengkap Agar Wanita Cepat Hamil

4. Hindari Terlalu Banyak Minum

Minum air putih sangan dianjurkan oleh dokter juga saat kondisi hamil, namun jika rasa mual datang anda jangan minum air putih terlalu banyak pada satu kesempatan. Sebaliknya, minum secara perlahan dengan jeda waktu agar perut tak terasa kembung yang justru bisa memperparah rasa mual tersebut.
Nah ini ada tips minum air putih agar tetap terasa segar tanpa membuat mual. Tambahkan potongan buah lemon ke dalam air. Rasa segar dari lemon akan membantu mengurangi rasa mual. Selain itu, Anda bisa juga membuat es sendiri dari potongan buah seperti strawberry dan peach yang kemudian dibekukan bersama air, apalagi dua buah itu mengandung folat, vitamin B, dan vitamin A.

5. Makan Jangan Terlalu Banyak

Sama dengan minum diatas sebaiknya ibu-ibu menghindari makanan berat dengan kurun waktu yang berdekatan. Sebaliknya, makan sedikit-sedikit namun dengan frekuensi yang sering. Hal ini juga disarankan agar makanan lebih mudah dicerna sehingga menghindari rasa begah.

Baca Tentang : Tips Merawat Kulit Saat Hamil 

6. Konsumsi Karbohidrat

Mungkin yang satu ini agak tidak bisa disangka-sangka, karena ternyata mengonsumsi makanan kaya kerbohidrat seperti crackers, roti, dan mashed potato bisa membantu mengurangi rasa mual. Makanlah sedikit-sedikit sebelum Anda beranjak bangun dari tempat tidur di pagi hari agar tidak terlalu merasa mual. Dikombinasikan dengan potongan apel juga enak untuk dikonsumsi.

7. Makan Jahe

Minuman tradisional ini menjadi obat untuk melegakan kondisi wanita hamil yang muntah dan mual-mual. Jahe yang sudah dimemarkan bisa Anda seduh dengan segelas air hangat atau dicampurkan ke dalam teh. Kehangatan jahe ini dipercaya dapat menghilangkan rasa mual secara perlahan. Anda tidakperlu menggunakan obat medis untuk menghilangkan mual hamil ini, sebab gejala ini terbilang cukup wajar dialami ibu hamil muda.
8. Istirahat yang Cukup
Salah satu cara yang mudah untuk menghilangkan rasa mual dan muntah saat hamil adalah istirahat. Selain itu, wanita hamil dianjurkan untuk menghindari stress agar dapat meminimalisir gejala-gejala awal kehamilan ini.

9. Mencari Tempat yang Dingin

Suhu yang panas adalah satu pemicu rasa mual-mual, maka apabila badan ibu-bu merasa kepanasan dan terasa gerah, maka cobalah untuk berada di ruangan yang dingin yakni dengan menyalakan AC atau kipas angin. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan, karena tidak baik untuk kesehatan calon ibu nantinya.

Baca Tentang : 7 Cara Menjaga Vagina Agar Tetap Kencang 

10. Coba Akupuntur

Teknik akupuntur ini akan menstimulasi beberapa titik-titik tertentu yang ada pada tubuh dan membuat sistem syaraf menjadi lebih rileks. cara ini cukup efektif apabila kondisi ibu hamil mengalami mual serta muntah.

11. Hindari Penyebab Mual

Rasa mual gak akan datang secara tiba-tiba. Bila Anda mengalami mual di jam-jam tertentu yang kurang lebih berulang setiap hari, Anda sebaiknya memperhatikan kondisi sekeliling Anda. Mungkin bau sesuatu seperti makanan atau hal lain yang memang biasanya muncul (seperti bau masakan dari rumah tetangga) bisa jadi memicu Anda untuk merasa mual. dengan memperhatikan kondisi sekitar anda, anda bisa mencoba menghindari penyebab rasa mual tersebut.

Baca Tentang : Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita 

Nah itulah beberapa tips untuk menghilangkan rasa mual saat hamil dan anda harus tetap waspada kalau kejadian mual-mual berlanjut karena dehidrasi yang terus menerus pada ibu hamil dapat membahayakan janin yang masih lemah pada 3 semester awal di dikandungan ibu-ibu sekalian.

Demikianlah dan semoga artikel tips cara mengatasi mual saat hamil muda ini bermanfaat yah...!

5 komentar

Wah mantap nih, nanti saya infoin juga cara mengatasi mual saat hamil mudanya sm temen ane gan.

penjelasan tips nya lengakap , jadi nambah wawasan juga nih suatu saat pasti kepake buat ngasih tau calon istri nanti pas rumah tangga :D

Keren gan, ane suka template nya. Boleh bagi gak. Hehe


EmoticonEmoticon